YANCE SANTAI TANGGAPI UU RUKMANA

Ketua DPD Partai Golkar Jabar Irianto M. Syafiudin atau yang biasa disapa Yance, menanggapi santai pernyataan Uu Rukmana soal belum adanya calon dari PG dalam Pemilukada Jabar 2013. Menurut dia, sah-sah saja jika Uu menyatakan seperti itu karena memang ada benarnya.

“Iya benar kalau konteksnya rekomendasi dari DPP. Memang dari DPP belum ada rekomendasi tentang nama yang bakal diusung PG dalam Pilkada nanti. Namun DPD sudah melakukan proses penjaringan calon dari internal partai,” kata Yance kepada “PRLM”, via telfon selulernya, Jumat (4/5) malam.

Yance menerangkan, proses penjaringan tersebut didasari Petunjuk Pelaksana 13/DPP/Golkar/XI/2011 tentang perubahan Juklak 02/DPP/GOLKAR/X/2010 tentang tata cara pemilihan umum dari PG.

“Isinya, proses tersebut melalui berbagai tahapan mulai dari penjaringan, survei 1, seleksi, perkuatan elektabilitas, survei 2, lanjutan perkuatan elektabilitas, penetapan calon, pendaftaran, verifikasi, penetapan bakal calon, pengesahan pasangan calon, deklarasi, pembentukan tim, penyiapan saksi, pendaftaran calon, dan pelaksanaan,” ujarnya.

Untuk tingkat Jabar, DPD PG telah memutuskan Yance sebagai calon yang bakal diusung dalam Pemilukada Jabar 2013. Penetapan Yance itu merupakan hasil rapat pimpinan daerah pada tanggal 27 Maret 2012 di Kota Bandung dan dituangkan dalam Surat Keputusan No. B-48/GOLKAR/III/2012 tanggal 29 Maret 2012 tentang rekomendasi DPD Golkar Jabar untuk pilpres dan pilgub.

“Dalam surat itu memutuskan, untuk Pilgub Jabar DPD PG Jabar mengusung Pak Yance. Untuk Pilpres sepakat mengusung Pak Ical. Keputusan mendukung Pak Yance sebagai cagub itu bukan klaim pribadi beliau tapi kesepakatan para pengurus DPD PG Jabar. Juga disepakati dan didukung para Ketua DPD PG kabupaten dan kota se-Jabar,” kata Sekjen DPD PG Jabar M. Q. Iswara, Jumat sore.

Iswara menuturkan, kini tim 9 sudah mulai bekerja dalam rangka pemenangan Pemilukada 2013 sesuai Surat Keputusan No. B-48/GOLKAR/III/2012. Tim 9 itu bertugas sebagai tim ad hoc. Dalam tim itu, Iswara menjabat sebagai sekretaris.

“Saat ini kita sudah fokus pada evaluasi sosialisasi yang dilakukan Pak Yance selama ini. Walaupun sosialisasi itu sudah sangat massive, kami tetap akan mengevaluasi efektifitasnya agar lebih optimal. Itu penting khususnya menjelang memasuki tahapan pilgub bulan Juli mendatang,” katanya.

Iswara menambahkan, tim ad hoc juga sudah mulai melakukan komunikasi politik dengan parpol-parpol lain. “Komunikasi dijalin dengan berbagai parpol. Kami tidak melihat parpol besar, menengah, atau kecil. Komunikasi ini penting karena kami sadar bahwa akan lebih baik jika koalisi parpol pengusung nantinya dpt diwujudkan,” ucapnya

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
Gallery | This entry was posted in Calon Gubernur and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s