Kesehatan masih menjadi barang mahal

Merupakan kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar rakyat, Rupanya konteks menggratiskan pelayanan kesehatan dasar juga dikaitkan dengan kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan. Sayangnya konsep memenuhi kebutuhan dasar kesehatan melalui penggratisan pelayanan kesehatan dasar sama sekali tidak tepat. Banyak pihak, melihat kebutuhan dasar kesehatan sama dengan kebutuhan lainnya, seperti pendidikan dasar, sedangkan kebutuhan terhadap perawatan lanjutan dan rawat inap dianggap sebagai kebutuhan sekunder dan tertier yang bisa disamakan dengan kebutuhan akan pendidikan lanjutan. Kebutuhan dasar kesehatan harus dipahami dan diperlakukan secara berbeda. Pemahaman perbedaan kebutuhan kesehatan ini sangat penting dalam merancang jaminan yang bersifat dasar dalam bidang kesehatan.

Kebutuhan dasar kesehatan adalah kebutuhan akan pelayanan yang merupakan upaya untuk mempertahankan hidup dan tingkat produktivitas seseorang yang secara normatif diterima oleh norma yang berlaku. Atas dasar inilah kebutuhan dasar kesehatan harus dikaitkan kebutuhan medis, suatu kebutuhan yang relatif bagi tiap orang dan hanya diketahui dokter yang memeriksa seseorang. Disinilah kunci mengapa asuransi sosial biasanya justru terlebih dahulu menjamin pelayanan rawat inap bukan pelayanan rawat jalan.

Penekanan yang lain dalam janji penggratisan pelayanan kesehatan dasar bagi seluruh penduduk adalah pemenuhan aspek keadilan sosial. Keadilan memang harus diperjuangkan dalam pelaksanaan jaminan kesehatan, tetapi harus diingat bahwa keadilan tidak hanya berkaitan dengan hak untuk memperoleh pelayanan tetapi juga terkait pada besarnya kewajiban membayar sesuai dengan kemampuan ekonominya.

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Umum. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s