Pendidikan & Masa Depan Bangsa

Ada keterkaitan antara pendidikan dan masa depan bangsa, sebenarnya kita bisa berkaca dari beberapa negara yang menginvestasikan pendidikan sebagai aset berharga untuk masa depan suatu bangsa, dapat kita lihat beberapa puluh tahun yang lalu banyak mahasiswa-mahasiswa dari Malaysia belajar di Indonesia dengan bantuan beasiswa dari pemerintah negaranya, mereka sangat optimis dengan dengan pendidikan akan membuat negaranya mampu berkembang dan maju, dan itu sekarang yang terjadi di sana (Malaysia), kalau Malaysia yang pernah belajar dari kita dan mereka saat ini maju, kenapa kita tidak bisa ???

Jawabannya mungkin ada pada keinginan dari pemerintah yang belum fokus untuk memajukan negeri ini, dapat dilihat alokasi dana APBN untuk pendidikan hanya sebesar Rp286,6 triliun atau mencapai 20,2% dan dana itu digunakan untuk seluruh propinsi di Indonesia, dengan dana yang sangat minim itu mana mungkin pendidikan Indonesia bisa maju.

Disinilah perlu sebuah terobosan-terobosan emas yang harus dilakukan kepala daerah yaaa.. serendah-rendahnya Bupati untuk mengakali kekurangan dana pendidikan yang dialkokasikan ke daerahnya. Hal ini pernah dilakukan Bupati Indramayu H. Irianto MS Syafiuddin yang merasa bahwa tingkat pendidikan di daerahnya begitu buruk, ini beliau siasati dengan bentuk meningkatkan alokasi dana untuk pendidikan yang bersumber dari APBD yang rata-rata diatas 30%. (baca : Buku Pengabdian Kang Yance, http://www.kangyance.com) disertai dengan program-program Wajib Belajar 9 dan 12 tahun dimana beliau bisa menggratiskan biaya sekolah di jenjang tersebut. Nah… ini agaknya perlu menjadi bahan pertimbangan pemerintah pusat untuk mengambil kebijakan peningkatan anggaran pendidikan, bagaimanapun juga pendidikan adalah investasi jangka panjang.

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s