Isbath Nikah atasi Fenomena Kawin Siri

Isbat nikah berbeda dengan pernikahan massal. Ini merupakan solusi yang dijalani banyak daerah termasuk Indramayu dalam mengatasi kawin siri atau kawin kiai. Sejak Program Isbat Nikah dijadikan kebijakan saat masa kepemimpinan Kang Yance, Disdukcapil Indramayu aktif menginventarisasi pasangan nikah siri. Melalui kecamatan, desa, dan KUA di kecamatan, pasangan nikah siri didaftarkan dan bila terkumpul kemudian pelaksanaan isbat nikah dilakukan massal di kantor kecamatan.

Untuk isbat nikah, Pemkab Indramayu menanggung seluruh biaya melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat. Untuk biaya administrasi di Kementerian Agama dan KUA, dialokasikan Rp 80.000 perpasangan, dan untuk PA Rp 251.000 per pasangan. Mekanisme pembayarannya dari pemkab ke PA yang besarnya disesuaikan dengan jumlah berapa pasangan nikah siri yang diputihkan status perkawinannya melalui isbat nikah. Isbat Nikah merupakan terobosan terbaik mengatasi pasangan nikah siri. Karena alasan utama praktik nikah siri di Indramayu adalah ekonomi, program isbat nikah yang ditanggung oleh APBD merupakan upaya penyelesaian tuntas.Apa yang telah dilakukan di Indramayu sepertinya sangat relevan bila dilaksanakan secara nasional, apalagi di tengah polemik pemidanaan pelaku nikah siri. Soal bantuan APBD itu bergantung pada komitmen pemerintah daerah masing-masing, sejauh mana  kepeduliannya dalam melindungi hak hukum masyarakatnya

Untuk program terobosan di bidang kependudukan itu, Pemkab Indramayu telah memperoleh penghargaan dari Unicef di tahun 2007 lalu. Sejakitu, banyak pemerintah daerah lain yang datang ke daerah di Pantura itu untuk studi banding. Ya, Kab. Indramayu dinilai berhasil mengelola persoalan nikah siri tanpa mempersalahkan para pelaku. Isbath Nikah yang diusung menjadi salah solusi yang arif.

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s