DRAFT TAHAPAN PILGUB JABAR DISAHKAN 21 JULI

DRAFT TAHAPAN PILGUB JABAR DISAHKAN 21 JULI

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat sedang menyusun draft tahapan proses pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2013 mendatang yang akan disahkan mulai tanggal 21 Juli 2012.

“Jadi saat ini kamu sedang menyusun tahapan-tahapan proses Pilgub Jabar 2013 yang akan disahkan mulai tanggal 21 Juli 2012. Dimulai dengan pengesahan regulasi-regulasi,” kata Ketua KPUD Jawa Barat Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di Gedung KPUD Jabar Jalan Garut Kota Bandung, Rabu.

Ferry mengatakan, regulasi tersebut meliputi beberapa tahapan yang akan dimulai pada bulan Juli hingga September awal 2012.

Pada bulan Juli sampai September awal, kata Ferry, KPUD Jawa Barat akan mempersiapkan anggaran  anggaran, regulasi dan program-program untuk untuk pelaksanaan Pilgub Jabar nanti.

“Selain itu, pada bulan tersebut, kami juga mempersiapkan proses pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP),” katanya.

Menurut dia, memasuki bulan Agustus 2012 KPU Jawa Barat akan memberitahukan mengenai Daftar penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Memasuki bulan Agustus, ada beberapa regulasi seperti meliputi pemberitahuan DP4. Jadi KPU Jabar akan memberitahukan ke Pemprov Jabar untuk agar menyediakan DP4. Nah, baru pada akhir September KPU Jabar diharapkan sudah menerima DP4 dari Pemprov Jabar,” kata Ferry.

Untuk mengajukan calon perseorangan yang akan maju di Pilgub Jawa Barat, kata dia, akan dibahas pada bulan Oktober 2012.

“Bulan oktober, mengajukan calon perseorangan. Jadi saat itu, KPU Jabar harus memverifikasi syarat calon perseorangan yakni memenuhi dukungan tiga persen dari jumlah penduduk dan melampirkan KTP dan surat dukungan,” ujarnya.

Sementara untuk calon gubernur dan wakil gubernur dari partai politik akan dibahas pada bulan November.

Dikatakan Ferry, pada pertengahan November 2012, KPU Jawa Barat akan membuka pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur dari partai politik.

“Baru pada akhir Desember 2012 akan dilakukan pengumuman, pengundian dan penetapan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat untuk Pilgub nanti,” katanya.

Ia menuturkan, memasuki bulan pertama di tahun 2012, KPUD Jawa Barat akan melakukan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilgub Jawa Barat.

“Pada awal Januari tahun depan itu akan dilakukan penetapan DPT. Masa kampanye pada tanggal 7 hingga 20 Februari 2013. Masa tenang tiga hari dan proses pemungutan suaranya untuk Pilgub Jabar sendiri akan berlangsung pada 24 Februari 2013,” katanya. (sumber : http://www.antarajawabarat.com )

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Agenda Kegiatan and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s