Keluarga Berencana

Salah satu puncak keberhasilan Bupati H. Irianto MS Syafiuddin atau Kang Yance adalah pencapaian Pelaksanaan Keluarga Berencana yang mendapatkan menghargaan dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada Hari Keluarga Nasional ke XI di Balikpapan beberapa waktu lalau. Program Keluarga Berencana (KB) adalah salah satu program pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penduduk Indonesia. Hal ini disebabkan jumlah penduduk Indonesia berada pada posisi ke empat terbanyak di dunia. Apabila tidak dikendalikan, maka ledakan penduduk tersebut akan menjadi sebuah masalah sosial.

Salah satu manfaat program KB untuk keluarga adalah “meningkatkan kesejahteraan keluarga”. Dimana dengan melakukan pengaturan banyaknya kehamilan sedemikian rupa sehingga berdampak positif bagi keluarga. Demikian juga yang terjadi di Indramayu dengan moto religius, maju, mandiri, dan sejahtera (Remaja), Kabupaten Indramayu berhasil menekan laju pertumbuhan penduduknya, hal itu demi meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Kondisi itu juga dibarengi dengan menurunnya keluarga prasejahtera di kabupaten tersebut. Di bidang pengelolaan program keluarga berencana (KB), tingkat kesadaran masyarakat untuk mengikuti program tersebut cukup baik. Pelayanan KB melalui jalur swasta berhasil menjaring 104.527 akseptor atau 46,37 persen pada tahun 2000. Pada 2009 peserta program KB naik menjadi 146.985 akseptor atau 51,66 persn. Ini menunjukkan masyarakat di Indramayu makin meningkat kemandiriannya dalam ber-KB.

Dan dengan program KB ini maka kita akan memutus mata rantai kemiskinan, contoh ekstrim nya adalah apabila ada keluarga miskin maka akan melahirkan keturunan yang miskin pula, maka dengan program KB ini keluarga dapat mengatur kehamilannya sehingga dapat mensejahterakan keluarganya.

 

 

 

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s