Kang Yance dan Bencana Alam di Indramayu

Sebagai seorang bupati kala itu Kang Yance sangat peduli dengan nasib rakyat Indramayu yang sering tertimpa bencana alam. Indramayu merupakan salah satu wilayah di Jabar yang terletak didataran rendah juga merupakan wilayah rawan dengan bencana alam seperti rob, banjir dan kekeringan, bencana tersebut selalu datang setiap tahun yang membawa kerugian harta maupun benda hingga jiwa. Tak ayal bencana tersebut mengakibatkan timbulnya berbagai macam masalah salah satunya adalah kesulitan ekonomi masyarakat yang terkena musibah tersebut.

Sebagai seorang pemimpin tentu Kang Yance harus mencari jalan keluar kebijakan untuk mengatasi hal tersebut. Berbagai kebijakan yang diterapkan Kang Yance untuk mengatasi bencana alam di Indramayu adalah seperti :

Pengembangan sistem jaringan informasi dan komunikasi;

  • Peningkatan kerjasama dengan Orsos, LSM, UKS, dunia usaha dan media massa;
  • Pendataan kajian pemetaan daerah rawan bencana alam;
  • Menitikberatkan pada upaya perlindungan terhadap segenap masyarakat dan lingkungannya melalui pencegahan, mitigasi kesiapsiagaan, tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi;
  • Mengupayakan penyelamatan dan penanganan korban bencana/pengungsi secara cepat dan tepat;
  • Mengikutsertakan segenap stakeholder (pemerintah swasta dan masyarakat) dalam upaya penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi;

Dari sekian banyak kebijakan tersebut berhasil meminimalisir dampak yang ditimbulkan akibat bencana alam yang terjadi di Indramayu. Inilah wujud perhatian dan keberpihakan Kang Yance sebagai seorang Bupati Indramayu kepada rakyatnya yang membuat beliau begitu dicintai rakyatnya.
tag :

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Sosial and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s