Dampak Intensifikasi Pertanian di Indramayu

Besarnya perhatian yang dilakukan Pemkab Indramayu saat kepemimpinan Yance Irianto (H. Irianto MS Syafiuddin) atau akrab disapa Kang Yance terhadap pertanian di Indramayu, berdampak pada meningkatnya produksi pertanian di Kabupaten Indramayu. Sejak beliau aterpilih menjadi Bupati Indramayu tahun 2000-2010 beliau ter us menggenjot penyuluhan pertanian dan pemberdayaan pertanian. Disadari keberadaan penyuluh pertanian mempunyai peran yang sangat penting sebagai upaya menumbuh kembangkan kelompok tani.

Dari hasil transfer pengetahuan dari para penyuluh pertanian ini, tak mengherankan Indramayu mengalami peningkatan hasil produksi pertanian baik palawija maupu padi, seperti yang terlihat tahun 2000 produksi padia dan palawija mencapai 1.34 juta ton pada 2001 menjadi 1.12 juta ton dan tahun 2003 mencapai 975 ribu ton, pada 2004 meroket kembali menjadi 1.25 juta ton. Penurunan pada 2002 dan 2003 disebabkan karena terjadinya puso di berbagai daerah yang mencapai 11.097 hektar.

Dengan diintensifkan penyuluhan pertanian hingga 2008 produksi padi dan palawija di Indramayu terus meroket. Produksi padi mencapai 1.32 juta ton, palawija 7.75 ton, sayuran 37.51 ton dan buah-buahan 235.05 ribu ton. Peningkatan produksi pertanian yang ditunjukan pada 2008 bila di bandingkan dengan tahun 2001, jelas tidak lepas dari program penyuluhan pertanian yang digulirkan Kang Yance.

Intensifikasi pertanian di Indramayu melalui penyuluhan pertanian dan upaya pengembangan kelompok tani mampu meningkatkan produktifitas hasil pertanian baik tanaman pangan maupun palawija.

 

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s