Program Padat Karya Bagi Nelayan Indramayu

Dampak kenaikkan BBM beberapa waktu lalu tak pelak memukul sektor perikanan tangkap di pesisir Indramayu. Dampaknya yang begitu luas cukup membuat nelayan menjadi kesulitan ekonomi sehingga tak jarang diantara mereka banyak yang mencoba untuk berpindah profesi ke bidang yang lain. Ini membuat sektor perikanan menjadi kolaps dan harga ikan menjadi cukup tinggi dipasaran karena tidak adanya ketersediaan stok ikan karena tidak ada nelayan yang melaut. Bagi nelayan solar merupakan nyawa perahu mereka dengan harga yang tinggi dan hasil tangkapan yang harganya juga hanya pas-pasan maka mereka memilih untuk menyandarkan kapalnya didermaga sambil menyulam jaring.

Ya.. begitulah kira-kira nasib nelayan Indramayu waktu itu hingga Pemkab Indramayu dibawah kepemimpinan Yance Irianto atau Kang Yance, Bupati Indramayu waktu itu yang memberikan solusi untuk membantu pengadaan solar bagi nelayan dan digulirkannya program padat karya untuk mengatasi kesulitan ekonomi dari masyarakat nelayan Indramayu. beberapa program padat karya yang dilakukan antara lain membangun beberapa prasarana perikanan dan kelautan antara lain saluran irigasi tambak, jalan sentra produksi dan sandaran/leading place di sejumlah kecamatan. Antara lain di Kecamatan Pasekan, Indramayu, Losarang, Cantingi, Kandanghaur dan Juntinyuat.

Program tersebut mendapat sambutan luar biasa oleh nelayan di sejumlah kecamatan yang berada di bibir pantai Indramayu. Program ini juga meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana perikanan tangkap dan budidaya untuk nelayan dan masyarakat pembudidaya. Program padat karya itu mampu menyerap tenaga kerja khususnya masyarakat pesisir/nelayan yang sedang menganggur/setengah pengangguran pasca kenaikan BBM.

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s