Pemprov kucurkan Rp 759 miliar untuk Pilkada Jabar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengucurkan Rp 759 miliar untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat (Jabar) pada Februari 2013 mendatang. Dana itu nantinya untuk membiayai Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar dan Pilkada Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kota Cirebon dan Kota Sukabumi.

Jumlah dana tersebut merupakan hasil kesepakatan antara Pemprov Jabar dan KPU Jabar. Hal itu termuat dalam nota kesepakatan yang telah ditandatangani dua lembaga tersebut.

Namun demikian, belum ada kepastian apakah pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bandung Barat akan bersamaan dengan tiga daerah lainnya. Pasalnya, Kabupaten Bandung Barat belum menyepakati untuk turut serta dalam penyelenggaraan gabungan yang nantinya akan serentak dilaksanakan.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan mengatakan, dana yang digunakan untuk membiayai empat wilayah tersebut memang terkesan besar. Tetapi, kata dia, pelaksanaan pilkada gabungan justru akan lebih menghemat pengeluaran.

“Empat pilkada tersebut pembiayaannya akan lebih ringan karena sebagian belanja pemilunya dibantu Pemprov Jabar. Penghematannya bahkan bisa mencapai Rp 48 miliar,”  terang Heryawan.

Hal serupa juga dikatakan Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat. Menurutnya, penghematan hingga Rp 48 miliar diperoleh dari Kabupaten Sumedang yang menghemat Rp 21 miliar, Kota Cirebon Rp 3 miliar, Kota Sukabumi Rp 5 miliar, dan Kabupaten Bandung Barat Rp 19 miliar.

“Dengan penghematan ini saya tetap optimis bahwa pilkada nantinya bisa tetap sukses,” tandas Yayat. Sumber : www. merdeka.com

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Pilakda Jawa Barat and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s