Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Indramayu

Dari tahun ke tahun pendapatan asli daerah Kabupaten Indramayu terus mengalami kenaikan yang berarti dan cukup signifikan. Kenaikan ini tak lepas dari peran pemimpin daerah yang mampu untuk menggali segala potensi sumber pendapatan daerah yang mampu menyumbang kenaikan APBD Indramayu. Kenaikan yang cukup progresif ini terjadi saat kepemimpinan Yance Irianto sebagai Bupati Indramayu 2000-2010, dengan terobosan cemerlang beliau mencoba memperkenal benefit dalam setiap penyusunan anggaran yang artinya setiap program yang disusun harus menguntungkan Pemkab Indramayu dan masyarakat. Paradigma baru penggunaan anggaran harus di ukur dengan benefit itu kiranya semakin terasakan hasilnya bagi Pemkab Indramayu.

Salah satu contoh kepiawaian beliau dalam menggali sumber-sumber pendapatan salah satunya adalah saat beliau mengeluarkan Perda Pajak Pengelolaan Migas (PPM) No. 25 Tahun 2002, sesungguhnya memiliki peluang memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang nilainya cukup besar. Dari satu liter pengolahan minyak tersebut Pemkab Indramayu hanya mengenakan pajak Rp. 10 dan non BBM Rp. 5. Pemkab Indramayu menghitung kilang Pertamina UP VI Balongan yang mengolah Migas dengan kapasitas 125.000 barel perhari harus menyetor kewajiban sebesar Rp. 104 miliar tiap tahunnya.

Hasilnya dalam kurun waktu 9 tahun terakhir Indramayu mengalami kenaikan PAD & APBD yang sangat cukup signifikan Bila pada tahun 2000 APBD Indramayu sebesar Rp. 120 miliar, pada tahun pertama H. Irianto MS Syafiuddin memimpin Indramayu APBD-nya meningkat secara signifikan sebesar Rp. 191 miliar atau mengalami kenaikan 142,50%.

 

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s