Antisipasi Bahaya Air Pasang di Kabupaten Indramayu

Secara geografis Kabupaten Indramayu memiliki banyak pesisir yang kebanyakan adalah pemukiman nelayan yang menggantungkan hidupnya dari hasil tangkapan ikan laut. daerah pesisir tersebut juga rentan akan terjadinya air pasang atau rob yang sering menerjang beberapa wilayah kecamatan seperti Krangkeng, Karangampel, Juntunyuat, Balongan, Indramayu, Sindang, Pasekan, Cantingi, Arahan, Lobener, Losarang, Kandanghaur, Patrol dan Sukra.

Secara langsung air pasang atau rob ini menimbulkan kerusaakan yang bahkan cukup parah, ketinggian gelombang yang mencapai 3 meter menerjang daratan seolah menjadi momok bagi warga yang tinggal didaerah pesisir. Sejumlah antisipasi yang dilakukan Pemkab Indramayu dibawah kepemimpinan Yance Irianto, Bupati Indramayu 2000-2010 dengan mengganggarkan Rp. 6.7 miliar untuk membangun pemecah ombak (break water) sepanjang 2.310,35 m2 yang disebar di Desa Dadap sepanjang 717,6 m2, Desa Limbangan 617 m2, Desa Eretan Wetan 422 m2 dan desa Eretan Kulon 553,5 m2.

Pembangunan yang dilakukan tersebut setidaknya memberikan rasa aman bagi warga pesisir Indramayu dari amukan air pasang yang hampir sering datang akibat pemanasan global.

 

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s