Berkas Dukungan Cagub Independen Wajib Rangkap

Bandung – Para Calon Gubernur (Cagub) Jabar dari jalur independen harus menyiapkan dua berkas dukungan asli. Satu berkas dukungan itu diberikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar dan satu lagi diberikan ke PPS tempat dukungan berada.

“Secara bertingkat, KPPS memverifikasi, rekap sampai ke kecamatan, kabupaten kota, dan provinsi. Kemudian yang langsung ke KPU, dikroscek lagi dengan yang diverifikasi tadi. Tetapi kita tidak akan entry satu per satu. Si calon itu diminta soft copy daftar pendukung, kemudian dilampiri dokumen surat dukungan dan fotocopy KTP. Baru dilihat dari jumlahnya mencukupi atau tidak,” papar Sekretaris KPU Heri Suherman usai penandatanganan akta hibah di Ruang Rapat Gubernur Jabar Gedung Sate Jalan Diponegoro Kota Bandung, Jumat (20/7/2012).

Usai verifikasi, kata Heri, akan diketahui dukungan itu ganda atau tidak sehingga bisa keluar jumlah dukungan sebenarnya. Namun itu pun belum faktual. Begitu tidak memenuhi, KPU Jabar memiliki kewenangan menolaknya.

“Kalau memenuhi, baru kita verifikasi faktual. Kalau ada pengurangan-pengurangan, calon tersebut diberikan kesempatan untuk menambah jumlah dukungan sehingga memenuhi syarat,” tuturnya.

Disinggung soal jumlah tenaga untuk verifikasi, Heri mengaku belum menghitungnya. Pasalnya akan dilihat berapa calon independen yang mendaftar.

“Kita sudah antisipasi dengan meminta bantuan KPU kota kabupaten dan tenaga bantuan. Kita belum menghitung jumlahnya,” tegasnya.

 

SUMBER : www. inilahjabar.com

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Pilakda Jawa Barat and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s