Penataan PPI di Kabupaten Indramayu

 

Kabupaten Indramayu disamping mempunyai daerah pantai juga merupakan daerah penghasil ikan terbesar di Jawa Barat, oleh karenanya sebagai penghasil ikan terbesar di Jabar peningkatan fasilitas serta sarana prasarana nelayan agar meningkatkan volume tangkapan ikan dan lancarnya laju distribusi hasil laut.

Untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan, Yance Irianto selaku Bupati Indramayu saat itu memberikan prioritas pembangunan PPI (pangkalan pendaratan ikan). Sejak ia terpilih menjadi Bupati tahun 2000, langkah yang ia lakukan adalah melakukan studi kelayakan pembangunan pelabuhan kapal, untuk memperoleh gambaran seberapa jauh kemungkinan pelabuhan pendaratan ikan yang sudah ada itu bisa direvitalisasi.

Sejumlah penataan dan pembangunan PPI mulai dilakukan diantaranya membangun TPI Eretan Wetan dan Tegalagung. Merehab TPI Singaraja, Majakerta, Tegalagung, serta melakukan pengerukan berbagai sungai untuk pendaratan kapal.

Program kegiatan ini terus berlanjut, dimana pembangunannya semakin luas dan menyentuh permasalahan mendasar yang dihadapi oleh PPI. Seperti pada 2008 dilakukan penyempurnaan jembatan di Desa Karangsong Kecamatan Indramayu; pembangunan jetty pengarah arus sungai Sigendang (104 m); pembangunan ruang parker PPI Gayem (152 m); rahabilitasi TPI Majakerta (186 m); pembangunan ruang pengepakan dan MCK PPI Karangsong (150 m); dan pembangunan TPI dan kantor KUD di PPI Sukahaji (72 m). Kegiatan yang cukup signifikan untuk merevitalisasi pelabuhan dilakukan di PPI Karangsong, yaitu dengan membangun kolam labuh dan pengadaan tongkang kapal keruk, jembatan bergerak, dan tempat sandar perahu nelayan (2006). Dengan keberadaan PPI tersebut tak hanya kapal/perahu nelayan Indramayu yang berlabuh di sana, tetapi juga banyak kapal/perahu dari berbagai daerah yang berlabuh disana, tetapi juga banyak kapal/perahu dari berbagai daerah yang berlabuh dan melelangkan hasil tangkapannya di Indramayu. Hal ini selain memberikan nilai tambah terhadap perekonomian masyarakat Kabupaten Indramayu, juga bisa meningkatkan PAD Kabupaten Indramayu.

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s