Masalah Gizi di Indramayu

Sejak awal memimpin Kabupaten Indramayu, Yance Irianto memiliki komitmen untuk meningkatkan gizi keluarga, ini terbukti dari berbagai program kesehatan yang beliau rintis yang selalu fokus menangani permasalahan gizi pada anak-anak balita di Kabupaten Indramayu.

Sebagai pada awal pemerintahannya Indramayu mengalami masalaha pada pemenuhan gizi pada anak-anak balitanya tercatat kenaikan masalah kurang gizi dari tahun 2006 s/d 2007 cukup signifikan. Bila pada tahun 2006 status gizi balita di Indramayu untuk gizi buruk (1.481), gizi kurang (16.030), dan kurang gizi (17.511). Pada 2007, gizi buruk menjadi (1.647), gizi kurang (17.805) dan kurang gizi (19.489).

Untuk memgatasi tren kekurangan gizi yang terus meningkat tersebut, Yance Irianto segera melakukan penyusunan peta masalah kurang gizi dan menggencarkan pemberian makanan tambahan dan vitamin bagi anak-anak di Indramayu, Jabar. dan melakukan pemberdayaan bagi masyarakat untuk ikut mendukung program peningkatan gizi bagi anak.

Pemberian makanan tambahan dan vitamin dilakukan di 2.207 Posyandu dan 313 desa. Kang Yance menggelontorkan dana dari APBD dalam pemberian makanan tambahan (PMT). Untuk meningkatkan kualitas makanan tambahan bagi balita, Kang Yance juga mengalokasikan dana sebesar Rp. 15.000 setiap Posyandu setiap bulannya dari Yayasan Gempur Gakin.

Dari program yang digulirkan Yance tersebut dan usaha pemberdayaan masyarakat dalam rangka peningkatan gizi anak-anak pada perkembangannnya telah mampu mengurangi prosentase penderita kurang gizi padaa sebagian anak-anak di Indramayu.

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s