Pengentasan Kemiskinan di Indramayu

Kemiskinan di Indramayu seolah telah menjadi hal yang biasa, tingginya kemiskinan ini disebabkan oleh berbagai faktor selain daripada kultur budaya setempat, juga karena rendahnya pendidikan pada sebagian masyarakat Indramayu. Untuk mengatasi kemiskinan ini Pemkab Indramayu di bawah kepemimpinan Yance, mengadakan berbagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Indramayu salah satunya adalah dengan :

  • Pertama adalah penyusunan sistem informasi dan evaluasi secara terus menerus keberadaan kelompok masyarakat miskin dan nelayan.
  • Kedua, penyediaan sarana dan prasarana sosial ekonomi serta penyediaan pendampingan baik tenaga dan modal usaha untuk mengembangkan usaha, serta kebiasaan hidup produktif.
  • Ketiga, pengembangan sistem sosial yang sudah ada dan berjalan di masyarakat, usaha swasta dan pemerintah.

Untuk mengentaskan kemiskinan di Indramayu, Yance juga menggulirkan reformasi pendidikan haruslah bisa dijadikan sarana untuk mengubah kultur masyarakat Indramayu menjadi berkultur produktif. Melalui pendidikan, ke depan diharapkan mampu mengurangi jumlah ketergantungan penduduk Indramayu terhadap faktor alam. Bila saat ini Indramayu dikenal sebagai pengekspor TKW maka kedepannya hanya orang-orang yang memiliki skill dan kemampuan khusus yang akan dikirim menjadi TKW. Demikian seterusnya, hingga pendidikan mampu memberikan paradigma baru bagi kehidupan masyarakat Kabupaten Indramayu. (www.kangyance.com)

 

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s