Program Rakyat Ketemu dengan Bupati (RKB)

Ketika menjadi Bupati Indramayu tahun 2000-2010 salah satu terobosan yang Yance lakukan agar dirinya selalu dekat dengan rakyat adalah dengan menciptakan acara Rakyat Ketemu Bupati (RKB) yang diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Indramayu, setiap hari Jum’at. Di forum RKB inilah rakyat miskin bisa menyampaikan permasalahannya dan mendapatkan solusi dari bupati secara langsung.

RKB merupakan sebuah model komunikasi antara pimpinan dan rakyat yang menggabungkan antara kearifan lokal, system pemerintahan modern dan gaya kepemimpinan egaliter yang tidak hanya dilakukan secara verbal, tetapi juga aktual dan faktual. Ini sebuah inovasi dari sebuah proses pergumulan, seorang Bupati Irianto dalam mendorong mata rantai sebuah birokrasi yang kadang-kadang menghambat rakyat, khususnya penduduk miskin untuk memiliki akses langsung kepada bupati. Bila RKB dan itu dikapitalisasikan tiap minggu, tiap bulan, dan tiap tahun, ternyata makin banyak penduduk miskin di Indramayu bisa ketemu dengan dirinya, serta semakin banyak yang bisa dicarikan solusinya. (baca: www.kangyance.com)

Kedekatannya terhadap rakyat miskin merupakan bentuk perhatian dan kepeduliannya terhadap nasib rakyat yang kurang beruntung, sudah sepantasnya gaya kepemimpinan seperti ini dibawa ke sekup yang lebih luas lagi yakni untuk memajukan Jawa Barat.

 

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s