Kultur Partisipatif Masyarakat Indramayu

Pembangunan yang dilaksanakan dalam sepuluh tahun pemerintahan Bupati Yance Irianto itu telah membangkitkan semangat masyarakat Indramayu untuk membangun. Bila mereka sebelumnya lebih memilih sikap apatis, kini secara pelan telah bergeser menuju kultur partisipatif dan akseleratif. Banyak program pemerintah mulai dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat, sehingga mendapat dukungan luas dari masyarakat. Contoh kongkrit dari pergeseran kultur ini pada pelaksanaan Wajar MDA (Madrasah Diniyah Awaliyah). Begitu wajib MDA diberlakukan oleh H. Irianto MS Syafiuddin perkembangan MDA di Indramayu sangat spektakuler. Bila pada tahun 2000 di Indramayu terdapat 375 MDA maka pada tahun 2007 telah berkembang menjadi 826 MDA.

Perkembangan MDA yang luas biasa tersebut, tentu disamping adanya program dari Pemkab, juga karena adanya dukungan dan partisipasi dari masyarakat Indramayu. Melalui otoaktivitas masyarakat, mereka mencoba mengakselerasi pendirian MDA, hingga jumlahnya meningkat dia kali lipat dalam tujuh tahun terakhir ini. Perubahan menuju kultur partisipatif dan akseleratif itu juga nampak di berbagai sektor kehidupan di Indramayu. Tak hanya di bidang agama, tetapi juga di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan ekonomi.

Penguatan kultur partisipatif dan akseleratif ini, kedepan tentu akan menjadi kekuatan tersendiri bagi Indramayu. Kultur partisipatif, dan akseleratif bila berkolaborasi dengan kultur produktif, tentu akan mejadi modal bagi masyarakat Indramayu untuk melakukan lompatan-lompatan besar di berbagai bidang kehidupan. Kultur semacam itu menjadi pilar penting bagi sebuah masyarakat yang ingin membangun kemandirian. (www.kangyance.com)

 

 

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s