Pembinaan Kinerja PNS di Indramayu

Sebagai kepala daerah dan kepala pemerintahan, Bupati H. Irianto MS Syafiuddin menyadari betul bahwa keberhasilan tugasnya dalam mengemban amanah dari rakyat tak lepas dari kinerja PNS di seluruh strata yang ada. Untuk itu, menjadi tugasnya sebagai kepala pemerintahan, Yance juga melakukan pembinaan kepada pegawai di lingkungan Kabupaten Indramayu.

Dalam melakukan pembinaan kepada para pegawai, Bupati Indramayu, juga aktif melakukan pembinaan kepada Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Indramayu. Ia berharap KORPRI harus berada digaris depan untuk membina PNS untuk meningkatkan kinerjanya. Untuk menunjang kebijakan pembangunan daerah, Yance meminta KORPRI harus proaktif dalam memberikan saran dan masukan kepada pimpinan di setiap unit kerja dalam meningkatkan peran kehumasan secara timbal balik, sehingga setiap permasalahan bisa diselesaikan secara tepat, baik menyangkut internal maupun eksternal, terutama pelayanan masyarakat.

Untuk membina pegawai di lingkungan Kabupaten Indramayu, Yance juga tidak segan-segan turun ke bawah ke berbagai satuan kerja. Seperti pada Sabtu, 30 Oktober 2009, sehabis melakukan sepeda santai, ia melakukan tatap muka dengan seluruh karyawan di jajaran Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Indramayu. Bupati berdialog langsung dengan jajaran karyawan Bappeda tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pembangunan daerah.

Dalam pembinaan pegawai juga dilakukan melalui sosialisasi dan penerapan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Banyak pegawai yang melakukan pelanggaran dikenai sanksi berat sedang dan ringan, sesuai dengan tingkat kesalahan.

Dalam rangka pembinaan karyawan, juga dilakukan pengawasan aparatur dari segi pelaksanaan APBD, baik internal maupun eksternal untuk mengurangi berbagai tindakan pelanggaran disiplin pegawai, Yance mempersilahkan kepada BPK dan BPKP perwakilan provinsi Jawa barat untuk ikut melaksanakan pengawasan terutama yang berkaitan dengan penggunaan dana APBN dan dana dekonsentrasi yang disalurkan melalui pemerintah provinsi Jawa Barat.

Pengawasan lainnya, juga dilakukan oleh Inspektorat Provinsi Jawa Barat maupun Bawasda Kabupaten Indramayu. Setiap temuan dari lembaga pengawasan langsung ditidaklanjuti dan diselesaikan. Yance tidak pernah menutup-nutupi hasil temuan lembaga pegawas. Ia bahkan proaktif kepada satuan kerja yang ditemukan penyimpangan dan segera menindaklanjuti hasil temuan tersebut agar bisa segera diselesaikan.

 

About Suara Rakyat

Sebuah proses demokratis pemilihan Kepala Daerah untu Jawa Barat yang nantinya akan menghasilkan nama pasangan pemimpin yang akan mengelola daerah Jawa Barat selama lima tahun. Dalam proses ini membutuhkan pemilih yang cerdas agar kelak yang memimpin daerah Jawa Barat adalah orang yang berkualitas dan bertanggung jawab dan bisa menjadi tauladan bagi rakyatnya.
This entry was posted in Gagasan Cagub and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s